English French German Spain Italian Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Join The Community

Buy and sell Text Links Premium WordPress Themes

Juni 22, 2011

atur paging file percepat performa windows

File paging adalah jumlah disisihkan ruang disk pada hard drive Anda untuk membantu memori aplikasi yang terbuka. Jika Anda pernah upgrade memori fisik Anda pada PC Anda, juga ingat untuk mengubah ukuran paging file.


Virtual Memory dapat diakses Windows, seperti Physical Memory, tetapi aksesnya lebih lambat daripada kecepatan RAM (Random Access Memory). Sebenarnya, Windows XP menggunakan halaman file secara berkelanjutan dengan mengabaikan jumlah free memory di system anda. Dengan kata lain, ketika anda mengoptimalkan file ini, akan memberikan efek positif pada performa (kecepatan) komputer.
Langkah-langkah untuk mengatur ukuran page file Virtual Memory adalah sebagai berikut :
  • Klik kanan My Computer, kemudian pilih Properties
  • Pilih tabs Advance, klik Setting pada bagian Performance
  • Pada opsional Performance Options, pilih tabs Advance, kemudian klik Changepada bagian Virtual Memory

  • Selanjutnya anda bisa memilih dan mengatur ukuran (size) Page file pada drive sesuai dengan keinginan


  • Restart komputer anda
Ukuran (size) Page File
Ukuran standar (default) page file Virtual Memory diatur dengan memperhatikan starting size dan maximum size. Untuk mengubah size file sebagai system demand dalam rentang nilai tersebut masih diperbolehkan oleh windows. Langkah mengubah ukuran Virtual Memory sebagai berikut :
  1. Pilih dan cetangi Custom Size. Initial Size diatur dan disesuaikan dengan nilai yang di rekomendasikan, Recomended yang di jumlahkan dengan angka yang sama
  2. Pada Maximum Size, nilai yang di masukkan sesuai dengan keinginan anda. Jika ingin memakai default-nya, anda tidak perlu mengubahnya
  3. Jika anda mengatur sendiri Maximum Size masukkan nilai yang lebih kecil dari nilai Space Available
  4. Atau nilai Maximum Size yang anda masukkan adalah maksimal tiga kali lipat dari ukuran RAM komputer. Apabila nilai Maksimum Size lebih besar dari nilai RAM, akan mnyebabkan berkurangnya kinerja (performa) komputer karena memaksa RAM bekerja lebih ekstra. Apabila kondisi tersebut tidak segera di tangani, RAM akan cepat panas atau kejadian yang paling fatal adalah RAM terbakar.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar anda dibawah ini :